Iklan

8 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi 2022 Anak SMA Wajib Tahu!

Admin - JabarInfo
Sabtu, Februari 12, 2022 WIB Last Updated 2022-02-22T14:51:29Z
Baca Juga

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi 2022 Anak SMA Wajib Tahu! -Dalam memilih jurusan kuliah pastinya kalian mempertimbangkan prospek pekerjaan jurusan tersebut di masa depan. Terutama jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan baik di perusahaan, industri, pemerintahan dan juga instansi atau organisasi internasional.


Nah jabar info sudah merangkum beberapa jurusan kuliah dengan gaji tinggi berdasarkan jawaban rata-rata dan terpopuler di masyarakat kampus dan juga para pekerja. 


Yuk kita bahas berikut delapan jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi di indonesia let's go.


8 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi 2022 Anak SMA Wajib Tahu!


1. Teknik Pertambangan Dan Perminyakan 


urusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi 2022
urusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi 2022

Teknik pertambangan dan perminyakan ini merupakan salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi dan menjadi buah bibir yang sering dibahas di kalangan masyarakat. 


terutama bapak ibu mertua yang ingin menantunya seorang lulusan teknik pertambangan dan perminyakan nih dimana masa-masa jurusan ini identik memiliki masa depan yang makmur. hhe


Begitu lulus kalian yang kuliah di jurusan ini akan mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi bahkan bisa mencapai puluhan sampai ratusan juta meskipun kalian seorang fresh graduate.


 Karena memang dari opportunity nya, lulusan jurusan ini bisa bekerja di perusahaan multi nasional bahkan internasional level, seperti pertamina, antam, freeport dan masih banyak lagi.


Di inggris sendiri nih ya rata-rata gaji lulusan jurusan ini berada di sekitar 40.000 yuro atau dalam bentuk rupiah yang sekitar 762 juta pertahunnya.


Nah untuk kalian yang ingin kuliah di jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi ini kalian bisa memilih beberapa kampus nih seperti institut teknologi bandung atau itb, institut teknologi sepuluh november atau its dan beberapa kampus-kampus lainnya.


2. Teknik Elektro Listrik 


urusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi 2022
urusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi 2022

Jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi yang selanjutnya adalah teknik elektro. Listrik merupakan salah satu energi yang masif penggunaannya di seluruh negara. Hal ini dikarenakan mudahnya energi listrik untuk dikonversi maupun disimpan.


Perlu kalian ketahui ya, kelistrikan dikenal dengan sebutan elektronika dan ini merupakan hal yang dipelajari oleh mahasiswa-mahasiswa jurusan teknik elektro.


Nah para lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan di berbagai industri di bidang pengembangan sistem guys. Prospek kerja lulusan teknik elektro pun sangat luas mulai dari perusahaan pembangkit listrik, konsultan listrik, pengembangan infrastruktur mobil listrik, hingga perusahaan-perusahaan umum semua membutuhkan seorang dari lulusan jurusan teknik elektro ini. 


Kita pun bisa melihat saat ini banyak perusahaan pengembang tenaga listrik yang semakin maju, dikarenakan kebutuhan pengganti sumber daya yang lebih ramah lingkungan.


Di inggris sendiri rata-rata gaji untuk lulusan ini berkisar antara 29000 sampai 31000 € atau dalam rupiah sekitar 560 sampai 587 juta pertahunnya.


Nah untuk kalian yang ingin kuliah di jurusan ini kalian bisa memilih beberapa kampus yang menyediakan jurusan teknik elektro seperti itb, ui, ugm, its, ub, undip dan masih banyak lagi.


3. Jurusan Kedokteran 


urusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi 2022
urusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi 2022

Kesehatan merupakan segalanya bagi kita semua. Profesi sebagai dokter adalah pekerjaan yang terkait dengan kesehatan manusia. Maka dari itu jurusan kedokteran selalu ramai peminatnya sampai akhir hayat.


Meskipun untuk masuk jurusan kedokteran ini sangatlah susah dan membutuhkan biaya yang besar, tapi tidak dipungkiri kalau profesi sebagai dokter sangat dibutuhkan dimasa sekarang dan di masa yang akan datang.


Menjadi dokter akan memberikan kesempatan yang luas untuk mendapatkan penghasilan tinggi. Gaji dokter di sebuah rumah sakit swasta bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulannya. Apalagi kalau kalian menjadi dokter spesialis di bidang tertentu.


Indonesia sendiri kebutuhan akan dokter masih sangat banyak dan jumlahnya belum ideal. Selain itu kalian juga bisa membuka klinik atau tempat praktik sendiri sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.


Di inggris sendiri rata-rata gaji untuk lulusan kedokteran berkisar antara 30 ribu sampai rp50.000 euro atau dalam bentuk rupiah sekitar 585 juta sampai 965 juta pertahunnya.


Nah untuk kalian yang ingin kuliah di jurusan ini kalian bisa memilih berbagai kampus yang populer yang ada di indonesia dari ui, ugm, unair, unpad dan masih banyak lagi.


4. Jurusan Fisika 


Fisika adalah ilmu yang paling berpengaruh terhadap kehidupan manusia lo guys. Di jurusan ini terdapat beberapa kelompok bidang keahlian seperti instrumentasi, fisika material, geofisika dan masih banyak lagi.


Prospek kerja untuk lulusan jurusan kuliah ini sangatlah luas guys mulai dari penelitian, bidang lingkungan hingga eksplorasi minyak dan tambang.


Di luar negeri sendiri seperti di inggris rata-rata gaji lulusan fisika berkisar antara 22.000 sampai 30.000 yuro atau dalam bentuk rupiah sekitar 480 juta sampai 577 juta pertahunnya.


Nah untuk kalian yang ingin kuliah di jurusan fisika ini kalian bisa memilih beberapa kampus populer indonesia itb, ui, ugm, dan masih banyak lagi.


5. Jurusan Psikologi 


urusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi 2022

Perlu kalian tahu nih ya guys untuk seleksi masuk perusahaan kalian pasti akan melalui tes wawancara untuk mengetahui kepribadian dan potensi kemampuan kalian.


Itulah kenapa anak lulusan psikologi sangat memegang kendali dalam hal ini, artinya lulusan jurusan psikologi terbuka lebar di seluruh perusahaan. Jangan pernah meremehkan gaji lulusan psikologi karena mereka sama halnya dengan dokter jiwanya para calon karyawan.


Mereka memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam menyeleksi calon karyawan di sebuah perusahaan. Tanggung jawab tersebut juga sepadan dengan gaji yang bisa dibilang wow loh guys. 


Di inggris sendiri rata-rata gaji untuk lulusan ini sekitar rp30.000 yuro atau dalam bentuk rupiah berada di sekitar 580 juta pertahunnya. Waw gede banget kan.


Nah untuk kalian yang ingin kuliah di jurusan ini, kalian bisa memilih beberapa kampus seperti ui, ugm, undip, unpad unair, dan ya masih banyak lagi pokoknya.


6. Jurusan Akuntansi 


Jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi ini cukup digemari oleh alumni SMA jurusan IPA. Sebagai seorang akuntan kalian akan sangat mudah untuk mencari pekerjaan. Karena semua perusahaan akan membutuhkan seorang dari lulusan jurusan akuntansi untuk mengisi departemen keuangan nya sebagai akuntan maupun auditor keuangan.


Lulusan jurusan ini dianggap sebagai tenaga kerja keahlian khusus. Untuk kalian yang ingin menekuni jurusan akuntansi ini kalian bisa pilih nih salah satu universitas ternama di kota depok yaitu universitas indonesia.


Tapi tentunya untuk masuk universitas indonesia ini tidaklah mudah guys, kalian harus mempunyai nilai tinggi di sekolah ataupun di ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri.


Di inggris sendiri ya gaji rata-rata lulusan jurusan ini berkisar antara 20.000 sampai 50.000 euro atau dalam bentuk rupiah sekitar ya 380 sampai 990 juta pertahunnya. Gede banget kan? Wow mantap.


7. Jurusan Sastra Inggris 


Sastra inggris merupakan bidang ilmu yang mempelajari bahasa inggris dari sisi linguistik dan sastra secara mendalam. jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi ini memang cukup jarang digemari karena kamu harus mahir dalam berbahasa inggris sejak SMA.


Jadi ketika kamu kuliah di jurusan ini kamu akan melakukan banyak kajian terhadap berbagai karya seperti novel, puisi bahkan film.


Jurusan kuliah ini memiliki prospek kerja yang bagus lo guys. Jenis dan jenjang kariernya pun juga bervariasi, apalagi jika kita melihat industri pariwisata yang sekarang ini sangat diperhatikan oleh pemerintah.


Lulusan sastra inggris juga bisa menjadi tenanga khusus didikan bahasa inggris. Dalam dunia bisnis, lulusan jurusan sastra inggris juga akan memiliki peluang yang besar dalam satu bidang ekspor dan impor. Kalian juga bisa bekerja di kedutaan luar negeri loh.


Di inggris sendiri rata-rata gaji lulusan ini berkisar antara 20.000 sampai 28000 yuro atau dalam bentuk rupiah sekitar 412 sampai 546 juta lah pertahunnya.


Nah untuk kalian yang ingin kuliah di jurusan ini kalian bisa memilih beberapa kampus yang menyediakan fakultas sastra. Ya seperti di unair, ugm, unud, uin, unpad dan masih banyak lagi.


8. Jurusan Hubungan Internasional


Hubungan internasional adalah salah satu dari ilmu sosial. Secara umum bidang ini mempelajari cara berkomunikasi lebih tepatnya berdiplomasi dengan orang asing. Oleh karena itu kalian harus mengerti budaya, etika dan kebiasaan dari berbagai negara.


Jurusan haubungan internasional merupakan salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi dengan Karir dan lulusan yang sangatlah luas.  kalian bisa bekerja sebagai diplomat, negosiator, peneliti dan masih banyak lagi tentunya.


Di amerika sendiri rata-rata gaji lulusan ini sekitar 40.000 dollar atau dalam rupiah kisaran 562 juta pertahunnya. 


Nah untuk kalian yang ingin kuliah di jurusan ini kalian bisa memilih beberapa kampus seperti ugm, ui, unpad, unair dan masih banyak lagi.


Nah jadi itulah 8 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi 2022 yang wajib banget kamu ketahui sebelum menentukan jurusan setelah lulus SMA atau sederajat. 


Untuk mencapai masa depan yang sukses kamu harus pintar-pintar memilih jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi agar selama kuliah kamu bisa bersemangat untuk segera lulus dan terjun di dunia kerja. 


Komentar

Tampilkan

Terkini