Iklan

10 Cara Optimasi Seo Di Blogspot Termudah 2022

Admin
Sabtu, Februari 12, 2022 WIB Last Updated 2022-06-12T13:23:17Z
Baca Juga

Cara Optimasi Seo Di Blogspot Termudah 2022

Cara Optimasi Seo Di Blogspot Termudah 2022 
- Untuk mengoptimalkan kinerja blog agar bisa muncul di halaman pertama di google maka harus menguasai cara optimasi SEO. Terutama bagi seorang blogger pemula yang baru terjun di dunia blog tentunya sangat berharap agar blognya bisa muncul di google sehingga mendapatkan banyak pengunjung.


Terlebih bagi kamu yang baru di terima oleh google adsense tentunya harus bisa membangun audiens dan mendatangkan visitor yang banyak agar bisa mendapatkan penghasilan yang melimpah dari google dari hasil penayangan iklan dari google adsense. 


Nah salah satu cara terbaik agar mendapatkan pengunjung yang banyak adalah dengan mengoptimasi SEO blog agar kata kunci atau keyword bisa terbaca dengan mudah oleh mesin pencari google.


Apa itu SEO?


SEO merupakan singkatan dari kata Search Engine Optimization yang apabila diartikan kedalam Bahasa Indonesia Pengoptimalan Mesin Pencari. Adalah sebuah proses menaikan peringkat prestasi sebuah website/blog bisa berupa artikel halaman maupun site itu sendiri, jika blog sudah mendapatkan tempat prioritas halaman pertama pencarian google tentu itu akan berdampak positif ke pencarian lain selain google seperti Yandex, Yahoo, DuckDuckGo dan Bing.


Lantas bagaimana cara optimasi SEO blogspot agar mendapatkan traffik organik dari google? Langsung saja dibaca tutorialnya berikut ini.


10 Cara Optimasi Seo Di Blogspot Termudah 2022


1. Tentukan topik/niche blog


Hal pertama yang harus dilakukan untuk optimasi SEO di Blogspot yaitu menentukan target topik utama yang dipilih, ini penting karena jika fokus pada 1 pembahasan topik blog bisa menjadi prioritas pencarian sesuai niche yang dimaksud. Usahakan untuk pemula yang baru dalam hal ini membuat artikel jangan gado-gado topiknya kalau ada sub dari topik itu tidak masalah.


2. Pemilihan Judul artikel


Permainan judul sangat penting sebab ini menjadi kunci target keyword yang di incar agar bisa menempati posisi page one artikelnya di pencarian google, umumnya penggunaan judul tidak disarankan terlalu panjang dan juga sebaliknya, rekomendasi penulisan judul yang baik 6/7 baris dan mengandung keyword.


3. Keyword (KW) target


Selanjutnya untuk optimasi SEO di blogspot kamu harus melakukan riset keyword yang memiliki volume pencarian 


ketika hendak menulis artikel, lalu terapkan keyword diawal 100 kata awal artikel kemudian ada baiknya jangan terlalu ingin mengejar keyword yang potensi trafiknya besar. 


Lakukan hal dari yang potensinya kecil, karena penting kita harus memahami prinsip cara kerjanya. jika sudah disearch muncul di hasil pencarian dengan keyword yang ringan, barulah tentukan tingkatkan dengan menggunakan keyword yang persaingannya berat. Tidak perlu memaksakan, yang penting bisa muncul di hasil pencarian dulu, pakai keyword yang ringan tapi memiliki volume pencarian.


4. Artikel yang relevan


Buatlah artikel/konten yang berkualitas yang mempunyai manfaat bagi pengunjung, membuat sebuah artikel yang menarik dan bermanfaat itu akan mendatangkan banyak pengunjung. Pastikan saat membuat artikel sudah 100% unik terbebas dari Plagiat (duplikat artikel) dan jangan keluar dari topik/niche utama blog sangat penting. Lalu buatlah link artikel antar halaman, sehingga setiap artikel dihalaman saling mempromosikan. Manfaat ini bisa membuat artikel lain banyak dibaca pengunjung.


5. Deskripsi penelusuran


Fitur meta description ini sangat berguna untuk optimasi SEO dan memaksimalkan keyword yang di incar dan merangkum inti isi artikel yang bisa membuat orang tertarik membaca artikelnya, input deskripsi setiap membuat artikel dan pastikan jumlah karakter tidak terlalu panjang maupun sebaliknya.


6. Kategori/label


Label berfungsi sebagai keyword yang akan mengkategorikan topik pembahasan sesuai isi artikel yang dibuat, untuk itu jangan lupa menambah label setiap membuat artikel. Cara optimasi SEO blogspot ini memang cukup berpengaruh agar mesin pencari mengenali kategori artikel yang kamu tulis.


7. Permalink/link custom


fitur yang bisa disebut juga sebagai fitur custom permalink ini berguna  sebagai menembak kata kunci panjang atau peringkas.


long tail keyword. Secara default permalink di blog hanya dibatasi sampai 6 kata. Jika lebih dari 6 kata, maka permalink akan otomatis terpotong dan hanya menampilkan 6 kata awal dari judul artikel. Oleh sebab itu, jika anda menginginkan lebih dari 6 kata maka anda  melakukan custom permalink.


Permalink artikel sangat penting dicustom sedemikian rupa sebab ini menjadi jump to link dan breadcrumbs berfungsi sebagai pelengkap penjelasan inti artikel yang dimaksud, gunakan custom link usahakan tidak keluar dari topik, contoh artikel ini.


8. Buat Thumbnail Artikel Menarik


Cara optimasi SEO di blogspot termudah adalah membuat thumbnail artikel. Seperti yang kita ketahui mayoritas penduduk indonesia minat membaca sangat kurang sering kali lebih menyukai visual daripada verbal.


Oleh karena itu, optimasi SEO pada blog perlu memperhatikan aspek visual, minimal gambar semakin ke sini, konten blog akan semakin kompleks. Blogger tidak hanya berkutat menggunakan paragraf, akan tetapi menggunakan visual misalnya gambar, infografis, sampai video.


9. Keyword Title & Alt Pada Gambar


Jika anda membuat artikel yang disertai dengan gambar maka anda sangat disarankan untuk menggunakan fitur meta tags keyword yang ada pada blog, yaitu fitur untuk menambahkan atribut “alt” dan “title” secara otomatis pada gambar di dalam postingan.


Ini berfungsi sebagai alternative keyword yang bisa kamu manfaat disetiap gambar yang diunggah dengan menggunakan keyword yang di incar. Cara optimasi SEO ini sangat berguna ketika seseorang mencari kata kunci melalui gambar pada google.


10. Backlink dan Internal Link


Internet sebenarnya seperti web laba-laba yang terhubung satu sama lain. Untuk memperkuat blog Anda di mesin pencari, Anda perlu mengoptimasi SEO dengan mengetahui backlink dan tautan internal.


Backlink ditafsirkan sebagai tautan situs web antara blog Anda, sedangkan tautan internal adalah tautan blog posting Anda yang memasuki blog posting Anda yang lain.


Jika blog Anda mendapat backlink dari blog lain yang lebih populer di mata Google, itu juga secara otomatis meningkatkan kredibilitas blog Anda. seolah-olah Anda mendapatkan rekomendasi ahli.


Implementasi tautan internal juga diperlukan untuk memperkuat jaring tautan internal Anda. Keberadaan tautan internal ini akan membuat pembaca membiarkan blog Anda seperti itu. Oh ya, saya pikir kita sudah bertemu frasa "Baca juga" atau "Baca Selengkapnya" di situs web. Ini menyangkut tautan internal.


Banyak orang yang merasakan bahwa pengaruh dari Backlink ini memang sangat besar terhadap SEO blog sehingga banyak orang yang melakukan optimasi SEO blogspot dengan memasang backlink di media-media terkenal dan rela mebayar jutaan rupiah.


Nah itulah 10 Cara Optimasi Seo Di Blogspot Termudah 2022 yang telah kami rangkum versi trendjabarinfo.com 


Memang masih banyak cara optimasi seo di Blogspot yang belum kami bahas namun setidaknya dari 10 Cara SEO blogspot tersebut sudah bisa bekerja dengan baik dan sudah terbukti bisa mendapatkan ranking dari google dan bisa muncul di halaman pertama google. 


Paling banyak dicari:

  • optimasi seo blogger
  • seo blogspot 2022
  • optimalisasi blog
  • cara kerja seo on page
  • optimalisasi website
  • penerapan seo on page
  • apa itu seo

Komentar

Tampilkan

Terkini