Iklan

6 Jalur Masuk Kampus UI 2022 Beserta Jadwal Pendaftarannya

Admin
Saturday, 14:19 WIB Last Updated 2022-02-19T07:19:38Z
Baca Juga

6 Jalur Masuk Kampus UI 2022 Beserta Jadwal Pendaftarannya
6 Jalur Masuk Kampus UI 2022 Beserta Jadwal Pendaftarannya

6 Jalur Masuk Kampus UI 2022 Beserta Jadwal Pendaftarannya – UI ( Universitas Indonesia ) Merupakan Universitas terfavorit yang ada di Indonesia. Pasti kalian semua tahu dong kampus yang satu ini. Sebagian anak SMA atau gap year pasti ada nih yang bermimpi bisa berkuliah di kampus yang satu ini yang langganan banget masuk sebagai kampus terbaik di Indonesia.


Nah kira-kira gimana sih caranya bisa berkuliah di kampus Universitas Indonesia. Buat kalian yang mungkin lulusan SMA, SMK, MA, Pesantren gap year bahkan paket C sekalipun pokoknya kalian bisa deh kuliah dikampus ini.


Bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja jalur masuk Universitas Indonesia, berikut Jabar Info berikan informasi selengkapnya untuk kamu beserta jadwal pendaftarannya.


6 Jalur Masuk Kampus UI 2022 Beserta Jadwal Pendaftarannya


1. SNMPTN


Jalur yang pertama dulu nih kita semua udah tahu ada yang namanya SNMPTN atau seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri.  Ini adalah jalur masuk ke UI dan juga ke kampus Negeri lainnya, melalui jalur undangan yang diseleksi berdasarkan nilai akademik ketika sekolah, prestasi yang dimiliki, dan juga indeks sekolah asal kalian.


Untuk biaya pelaksanaan SNMPTN ini itu gratis karena ditanggung oleh pemerintah. Namun yang harap kalian garis bawahi bahwa nggak semua anak SMA sederajat bisa mengikuti SNMPTN ini.


Karena dalam jalur ini hanya beberapa persen pelajar saja dalam satu sekolah yang eligible yang diperbolehkan untuk mengikuti jalur SNMPTN ini. 


Selain itu kuota yang disediakan oleh universitas Indonesia di jalur ini minimal 20% dari daya tampung untuk program reguler nya yang di mana Nanti kalian masuk perkuliahan di Universitas Indonesia dengan biaya yang bisa disesuaikan berdasarkan kelompok UKT.


Jalur ini merupakan jalur yang biasanya pertama kali diselenggarakan sebelum jalur seleksi lainnya. Di awal tahun sekitaran bulan Januari hingga Maret. Sehingga untuk kalian yang ingin kampus Negeri udah harus bersiaga nih dari awal.


2. UTBK SBMPTN 


Ini juga merupakan jalur masuk kampus negeri yang tidak hanya dikhususkan untuk ke Universitas Indonesia saja, namun kamu bisa masuk ke perguruan tinggi lainnya di Indonesia.


Di jalur Ini kemungkinan kalian bisa masuk ke kampus universitas indonesia peluangnya cukup tinggi karena Universitas Indonesia menyediakan minimal quota 40% dari daya tampungnya di jalur UTBK SBMPTN.


Seleksi utbk sbmptn tidak hanya diikuti oleh satu angkatan saja yang baru lulus namun juga ada para pejuang gap year yang mengikuti seleksi ini yang mungkin gagal tahun lalu dan ingin mencoba lagi di tahun depan.


Untuk sistem seleksi sendiri ini berbasis ujian tulis yang dimana nantinya kalian akan dibagi berdasarkan dua kelompok ujian yaitu soshum dan saintek yang nantinya menentukan pilihan jurusan kalian di perkuliahan.


Untuk waktu berlangsungnya seleksi UTBK ini biasanya setelah seleksi SNMPTN berakhir yang dimana nantinya peserta yang gagal di SNMPTN masih bisa mengikuti ujian tulis utbk-sbmptn ini sehingga Persaingan di jalur ini lumayan cukup ketat.


3. Jalur PPKB UI 


Jalur ini merupakan jalur undangan juga yang hampir sama seperti SNMPTN yang dimana PPKB UI ini dibuka untuk para calon mahasiswa program S1 paralel dan vokasi yang nantinya diukur Berdasarkan indeks sekolah, prestasi akademik siswa, prestasi pencapaian siswa dan performa sekolah di kota kampus.


Karena jalur ini ditujukan untuk program paralel dan vokasi bukan untuk program regulernya nantinya kalian akan memiliki kelompok biaya kuliah tersendiri yang lebih mahal dan juga diharuskan membayar uang pangkal atau uang pengembangan kampus yang besarannya berbeda-beda tergantung jurusan dan fakultas yang kalian pilih nanti.


Namun untuk fasilitas, sarana dan pengejaran kurang lebih sama dengan mereka para mahasiswa reguler lainnya di Universitas Indonesia. 


Seleksi ini biasanya diselenggarakan di tanggal berdekatan dengan jalur SNMPTN yaitu sebelum dilakukannya UTBK SNMPTN atau jalur tulis 


4. Jalur TALENT SCOUTING UI 


Jalur ini adalah jalur undangan yang mirip seperti SNMPTN dari Universitas Indonesia untuk masuk ke program S1 kelas internasional nya. 


Jalur ini memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mendaftar di UI dengan program kelas KKI atau kelas internasional melalui seleksi rapor dan juga prestasi siswa.


Karena jalur ini merupakan untuk program kelas internasional maka para mahasiswanya akan mendapatkan fasilitas yang lebih istimewa.


Sarana pembiayaan, matakuliah yang agak sedikit berbeda dimana nantinya kamu bisa melanjutkan pendidikan hingga lulus tidak hanya di Universitas Indonesia itu sendiri namun juga bisa merasakan sekaligus pengalaman berkuliah di luar negeri yang nantinya punya ikatan link dengan University Indonesia.


Tapi buat kamu yang mau mengikuti jalur ini pastikan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup oke atau baik ya, Yang bisa dibuktikan dalam bentuk sertifikat bahasa dengan skor minimal tertentu.


5. Jalur SIMAK UI (Jalur Mandiri UI )


Nah kalau jalur yang satu ini dikhususkan memang hanya untuk kalian yang ingin masuk Universitas Indonesia sama seperti jalur PPKB dan telescoping tadi yang dimana metode penyelesaiannya biasanya dilakukan dengan ujian tulis atau mengerjakan soal dengan mendapatkan skor tertentu sama seperti UTBK-SBMPTN.


Untuk kuota seleksi Mandiri SIMAK UI ini biasanya memiliki kuota minimal tiga puluh persen dari daya tampung yang tersedia di Universitas Indonesia.


Untuk teknis ujian tulisnya hampir mirip seperti UTBK yang dibagi merasakan dua kelompok juga ada soshum dan juga saintek yang nantinya menentukan pilihan jurusan kalian.


Untuk program yang bisa kalian pilih di jalur seleksi Mandiri UI ini sangat banyak, yaitu dari program vokasi, D3 dan D4, sarjana reguler, sarjana kelas pararel, profesi, magister dan juga doktor.


6. Jalur Simak KKI UI 


Dari namanya aja kalian tahu ya bahwa jalur ini merupakan jalur ujian tulis seperti simak-ui sebelumnya, namun di khusus kan untuk kelas internasionalnya atau KKI nya.


Walaupun sebelumnya juga udah dijelasin nih jalur KKI yang melalui metode undangan yang disebut telescoping.


Jalur satu ini memiliki sedikit perbedaan yaitu model ujian tulis dan juga agenda waktunya ketika diselenggarakan. Jalur satu ini memiliki syarat khusus dimana kalian harus memiliki nilai TOEFL institutional sebesar minimal 500 atau else 5,5.


Dan bagi mahasiswa yang sudah diterima jalur simak KKI ini kalian harus membayar biaya pendidikan dengan program pendidikan sesuai SK dari Rektor yang memiliki pembiayaan cukup berbeda yaitu kalian bisa berkuliah di Universitas Indonesia atau di dalam negeri ini dan juga di luar negeri secara sekaligus sehingga dianggap lulusan internasional juga dalam gelarnya.


Berikut Jadwal Jalur masuk UI (Universitas Indonesia) yang di lansir dari detik.com 

6 Jalur Masuk Kampus UI 2022 Beserta Jadwal Pendaftarannya
6 Jalur Masuk Kampus UI 2022 Beserta Jadwal Pendaftarannya


Nah jadi itulah 6 Jalur Masuk Kampus UI 2022 Beserta Jadwal Pendaftarannya yang bisa di jadikan sebagai acuan bagi kamu yang ingin masuk ke universitas Indonesia. 


Selamat berjuang dan semoga berhasil!


Paling banyak dicari: 
  • jalur masuk ui apa saja
  • jalur masuk ui internasional
  • jalur masuk ui ppkb
  • jalur masuk ui kelas internasional
  • jalur masuk ui 2022
  • jalur masuk ui tanpa tes
  • jalur masuk ui ada apa aja
  • jalur masuk uin jakarta
Komentar

Tampilkan

Terkini