Iklan

11 Cara Memulai Bisnis Makanan Online Sukses Untuk Pemula 2022

Admin
Sabtu, Januari 01, 2022 WIB Last Updated 2022-06-16T07:21:35Z
Baca Juga
Cara Memulai Bisnis Makanan Online Sukses Untuk Pemula

11 Cara Memulai Bisnis Makanan Online Untuk Pemula 2022 - Banyak sekali orang yang mencari untuk sukses jualan makanan secara online. Banyaknya orang yang mencari berbagai makanan, banyak juga orang yang ingin menjual makanan. 


Bisnis makanan secara online sangatlah mudah bagi yang sudah berpengalaman, namun sulit juga bagi orang yang masih pemula. Bisnis ini bisa di bilang cukup menjanjikan untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu, makanan juga banyak di cari oleh orang-orang maka tentunya banyak juga orang yang ingin berkecimpung di dalam bisnis makanan ini.


Untuk memulai bisnis ini, tentunya sobat harus menentukan dulu modal, tempat, alat dan sebagainya. Cukup adakan yang anda butuhkan saja jangan berlebihan. Dan berikut inilah beberapa cara memulai bisnis online makanan yang harus anda ketahui! Simak berikut ini.


11 Cara Memulai Bisnis Makanan Online Sukses Untuk Pemula 2022


1. Menentukan Modal Awal


Modal ini sangat penting untuk keberlanjutan usaha anda, tanpa modal anda gak akan bisa memulai usaha anda. Jika modal kurang maka anda bisa mengeluarkan modal seadanya saja dulu, nanti jika sudah ada untungnya maka tambahkan modal secukupnya.


2. Target Pemasaran Yang Strategis


Menjalankan usaha dengan target pasar ini merupakan salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan usaha makanan anda. Jika sobat menawarkan jenis makanan dengan harga murah, namun pembeli tidak menyukainya ini juga akan menjadi kenda anda untuk lebih mengerti lagi si pembeli.


3. Menentukan Lokasi Yang Bagus


Cara memulai usaha makanan agar cepat sukses, tentunya sobat harus menentukan dimana sobat akan berjualan. Usahakan cari tempat yang sering di kunjing oleh orang-orang seperti mall, pasar atau lain sebagainya.


4. Tentukan Jenis Usahanya


Agar anda bisa mempunyai usaha yang baik dan benar, tentunya anda harus memikirkan apa dulu yang mau anda jual. Jauhi usaha makanan hanya untuk mengikuti orang lain saja, ini harus benar-benar anda yang menginginkan agar usaha anda bisa lancar. 


5. Meminta Surat Perizinan berjualan


Tentunya bagi anda yang mau jualannya merasa aman dan tentram, anda harus meminta izin dulu kepada pemilik setempat, supaya jika anda berdagang tidak akan ada hal-hal yang tidak anda inginkan. Jika usahamu semakin sukses dan besar, anda juga harus memiliki ijin dari MUI agar makanan adan memiliki sertifikat halal.


6. Promosikan Usahamu


Jaman dulu untuk promosi biasanya lewat mulut ke mulut atau juga lewat selembar kertas. Namun jaman sekarang lebih mudah lagi, anda bisa promosikan jualan anda di media sosial yang anda punya, maka nantinya pembeli akan datang sendiri mengunjungi kedai anda. Usahakan makanan yang mau di jual dapat menggiurkan pembeli supaya tertarik untuk membeli makanan anda.


7. Meningkatkan Sumber Daya Manusia


Untuk memulai usaha yang ketujuh ialah anda harus memiliki SDM. Ini berfungsi untuk membantu pekerjaan anda. Misalnya anda mencari karyawan, untuk Kasir, pelayan, memasak dan juga lainnya. Jika usaha anda masih kecil, mungkin 1 asisten aja sudah cukup untuk membantu anda untuk berjualan. 


8. Harus Punya Menu Andalan dan memiliki ciri khas tersendiri


Lakukan pencarian di penjualan perdagangan pemasaran, lalu tentukan menu yang akan anda jual. Namun jangan yang sudah banyak di jual karena nanti bisa mempunyai banyak pesaing lainnya.


9. Melakukan Survei Ke pasar


Sebelum anda melakukan usaha, sebaiknya anda melakukan survei terlebih dahulu ke semua pasar agar anda tahu bagaimana cara mereka menjual, dan berapa harga yang mereka tawarkan. Ini menajadi sebuah cara penting untuk memulai bisnis atau usaha.


10. Sumber Bahan Makanan


Seharusnya buat anda yang mau lancar dalam usaha, anda harus punya sumber atau pemasok bahan makanan yang tetap setiap minggunya, ini bertujuan agar usaha anda tetap lancar dan tidak ada masalah kehabisan makanan saat berjualan.


11. Menentukan Aplikasi yang akan digunakan untuk Jualan Online


Cara memulai bisnis makanan online untuk pemula yang selanjutnya adalah menentukan aplikasi yang akan digunakan untuk berjualan online. misalnya Whatsapp, facebook, shopee, tokopedia dan lain-lain.


kalian juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi media sosial tersebut secara bersamaan untuk mempercepat pemasaran agar lebih mudah laris.

Nah, itulah 10 Cara Memulai Bisnis Makanan Online Sukses Untuk Pemula 2022 yang dapat admin sampaikan. Selebihnya lagi masih banyak informasi-informasi lainnya yang belum dapat saya sampaikan.


Semoga informasi diatas ini bisa bermanfaat bagi sobat pembaca dimanapun anda berada, jangan lupa share artikel ini ke pengguna lainnya.


Paling banyak dicari: 

  • cara memulai bisnis kuliner
  • cara memulai usaha kuliner
  • cara memulai bisnis makanan online
  • cara memulai usaha kuliner kecil kecilan
  • cara memulai bisnis makanan
  • usaha kuliner untuk pemula
  • cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil
  • cara memulai usaha dagang makanan
  • tips memulai usaha kuliner


Komentar

Tampilkan

Terkini